Senin, 22 September 2014

Beberapa Sungai Terindah di Dunia

Sungai adalah perairan penting yang menjadi sumber kehidupan bagi tanah yang dilaluinya. Daerah yang dialiri sungai biasanya menjadi pusat perekonomian dan pusat perkembangan budaya. Misalnya saja Sungai Nil, Sungai Kuning, dan Sungai Indus yang daerah sekitarnya menjadi tempat lahir kebudayaan-kebudayaan tertua di dunia.

Beberapa sungai di dunia, selain penting bagi kelangsungan hidup flora, fauna, dan manusia juga berperan penting dalam pariwisata. Misalnya saja sungai Futaleufu yang mengaliri Chili dan Argentina. Pemandangannya yang indah mengakibatkan sungai tersebut ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Tetapi selain Futaleufu di negara-negara lain pun masih banyak sungai yang tak kalah cantik. Berikut ini kami sajikan beberapa dari seluruh sungai
terindah di dunia yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Sungai Cano Cristales, Kolombia

Cano Cristales adalah nama sebuah sungai yang terletak di Serrania de la Macarena, provinsi Meta, Kolombia bagian utara. Sungai ini punya julukan 'Sungai Lima Warna', 'Pelangi Cair' dan 'Sungai Maha Indah di Dunia' karena nuansa lima warna airnya sungainya yang menakjubkan.

Gradasi warna di sungai sepanjang 100 km dengan lebar 20 meter ini terjadi karena beberapa jenis ganggang yang hidup di dalamnya, menghasilkan warna kuning, hijau dan biru yang cantik. Sementara warna merahnya dihasilkan oleh Macarenia clavigera, sejenis ganggang sungai yang hidup di dasar sungai.

2. Sungai Futaleufu, Chili dan Argentina

Sungai Futaleufu adalah sebuah sungai di Patagonia bagian utara yang airnya bersumber dari danau di Taman Nasional Los Alerce, Provinsi Chubut, Argentina. Menurut Wikipedia, sungai ini melintasi Pegunungan Andes dan perbatasan internasional ke Chili. Di Chili, sungai Futaleufu memiliki tiga anak sungai utama, yaitu Rio Claro, Rio Espolon, dan Rio Azul. Futaleufu juga mengairi beberapa danau paling jernih di Patagonia seperti Lago Espolon dan Lago Lonconao.

Futaleufu dikenal karena airnya yang biru jernih. Air jernih ini berasal dari lelehan gletser mengalir ke sungai. Sungai juga dikenal karena arus airnya yang deras. Arus deras ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan untuk olah raga arung jeram. Bahkan sungai ini dianggap sebagai salah satu dari tiga tujuan arung jeram terbaik di dunia. Beberapa event arung jeram internasional telah diselenggarakan di sungai ini.

3. Sungai Rio Tinto, Spanyol

Rio Tinto, sungai yang terletak di barat daya Spanyol ini tampak menakjubkan dengan aliran airnya yang berwarna merah dan kuning. Tetapi jangan sampai terkecoh, air berwarna cantik tersebut sangat berbahaya karena tingkat keasamannya yang sangat tinggi.

Kawasan Sungai Rio Tinto menyimpan kekayaan alam berupa mineral murni. Selama berabad-abad, para penambang sudah mengeksploitasi mineral di tempat ini. Bangsa Romawi bahkan membuat koin-koin emas dan perak mereka dari hasil tambang Rio Tinto. Sekarang area ini merupakan salah satu sumber tambang tembaga dan sulfur terpenting di dunia. Tetapi polusi yang disebabkan oleh eksploitasi mineral besar-besaran selama ini telah menyebabkan sungai Rio Tinto tercemar, sehingga warna airnya berubah merah kekuningan seperti ini.

4. Sungai Zambezi, Zambia dan Mozambik

Sungai Zambezi adalah sungai terpanjang keempat di Afrika setelah sungai Nil, Sungai Kongo, dan Sungai Niger. Sungai ini juga termasuk sungai terpanjang yang mengaliri sisi timur benua Afrika. Sungai yang terkenal di benua Afrika ini mengalir melalui 6 negara di Afrika.

Selain airnya yang jernih dan berarus deras, sungai ini mengaliri dua tempat dengan pemandangan menakjubkan yang jadi objek wisata favorit wisatawan dunia, yaitu Air Terjun Victoria, air terjun terbesar di dunia dan Kolam Setan. Sementara Kolam Setan sendiri berupa cerukan landai yang berada tepat di ujung air terjun Victoria. Sambil berenang pengunjung biasanya menikmati pemandangan dasar air terjun di bawahnya yang berjarak 360 kaki.

5. Sungai Bawah Tanah Xcaret, Meksiko

Sungai yang satu ini barangkali tidak sebesar dan sepanjang sungai-sungai cantik lainnya. Tetapi posisinya yang unik akan menawarkan keindahan tersendiri. Sungai bawah tanah Xcaret adalah bagian dari sistem gua besar yang terbentuk di bawah permukaan semenanjung Yucatan. Sungai ini berada dalam wilayah Xcaret Eco Park yang berada di Riviera Maya, Meksiko. Letaknya dekat dengan situs prasejarah peninggalan suku Maya.
Sungai bawah tanah ini menjadi tujuan favorit para turis yang sedang berlibur di Riviera Maya karena airnya yang jernih dan terhubung dengan gua-gua bawah tanah yang menakjubkan. Hanya berbekal jaket pelampung pengunjung bisa menyelam sambil menjelajahi keindahan sungai serta batu-batu stalaktit di dalam gua.

6. Sungai Hinatuan, Filipina

Sungai Hinatuan yang berlokasi di dekat Surigao del Sur, Pulau Mindanao, Filipina adalah salah satu sungai paling cantik dan jernih di Asia. Menurut Amazing Places On Earth, sungai ini disebut oleh penduduk lokal dengan nama 'The Enchanted River' atau sungai yang mempesona karena airnya yang begitu jernih dan dalam hingga dari atas tampak biru cerah.
Sungai ini merupakan atraksi wisata favorit para turis di Filipina. Tidak seperti Sungai Futaleufu yang deras, arus air di sungai ini relatif tenang. Karena itulah para wisatawan suka menyelam untuk menikmati keindahannya.

Semoga bermanfaat

Source : Merdeka.com

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat menarik, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2xrM4q6

    BalasHapus